Butuh Hiasan Taman? Manfaatkan Styrofoam Saja!

Taman merupakan sebuah zona hijau yang menjadi produsen oksigen bagi kesegaran rumah tinggal atau tempat usaha anda. Jika anda berencana mendekor atau merenovasi taman, tentu banyak sekali perencanaan atau ide kreatif di benak anda. Namun jika anda belum memiliki ide unik, ide unik dari bahan bekas berikut mungkin bisa jadi inspirasi anda. Salah satu barang bekas yang banyak ditemukan dan tidak terurai.

Selain memiliki kandungan yang bisa merusak bakteri tanah, styrofoam juga tidak bisa dibakar sebab gas buangnya menyumbang emisi perusak ozon yang cukup masif. Oleh karenanya, anda bisa memanfaatkannya agar lebih bermanfaat, terutama sebagai hiasan taman.

1. Pot Bunga Mini

Jika anda tertarik dengan tanaman-tanaman kecil, gelas styrofoam bisa anda manfaatkan untuk menjadi pot tanaman mini. Sebelum digunakan, anda juga bisa mewarnai gelas bekas tersebut dengan berbagai warna cerah. Selanjutnya lapisi bagian dalamnya dengan polybag agar styrofoam tidak bersentuhan langsung dengan tanah atau media tanam. Lubangi bagian bawah gelas dan polybag dengan solder atau paku. Masukan tanah pada pot tersebut serta tanaman yang anda inginkan. Pot bunga mini yang berwarna-warni ini dapat anda susun pada rak atau digantung di tembok dengan menggunakan cincin kawat. Selain lucu, ide ini juga memberikan warna-warni yang mencerahkan suasana hati siapa saja yang melihatnya.  

2. Hiasan Dinding

Punya papan styrofoam bekas yang sudah tidak terpakai? Anda bisa memanfaatkan sisi sebaliknya untuk dibentuk karakter-karakter kartun yang lucu dan unik untuk dijadikan hiasan dinding di taman anda. Ide lain adalah dengan membuat model miniatur orang, dan menggambar sendiri sisi luarnya dengan mata, mulut, dan pakaian menggunakan pewarna. Anda juga bisa membuat patung dari styrofoam mudah dalam komposisi  2D atau 3D dengan menumpuk styrofoam sisa tersebut menjadi bentuk timbul. Hal ini sangat cocok untuk anda yang sudah menentukan tema khusus bagi taman anda. 

3. Patung Styrofoam

Jika anda memiliki sisa styrofoam dalam jumlah banyak, anda bisa membuat patung dari styrofoam mudah dengan komposisi 4D yang mampu dijadikan pajangan atau lampion raksasa di taman anda. Untuk membuat patung ini tentu akan memakan waktu dan kreativitas anda. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa menyerahkannya pada jasa pembuatan patung styrofoam agar hasilnya juga lebih maksimal. Konsep ini cocok untuk anda yang ingin memiliki ruang terbuka ala cafe kekinian.

4. Hiasan lampu gantung

Jika di taman anda tersedia lampu gantung yang memanjang dan terdiri dari berbagai lampu warna-warni, gelas styrofoam bekas bisa menjadi pembeda bagi lampu anda. Cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama siapkan gelas styrofoam bekas sesuai dengan jumlah lampu yang ada. Lubangi bagian bawah gelas sebesar ukuran kabel fitting dengan potongan X, usahakan jangan terlalu besar.

Kemudian masukan lampu hias ke lubang yang telah anda buat. Jika anda ingin tampilan yang lebih menarik, anda bisa menambahkan kertas warna-warni di bagian luar gelas. Hasilnya, lampu gantung warna-warni dengan pencahayaan yang redup dan memberi nuansa nyaman taman anda di malam hari. 

5. Kolam Air Terjun Mini

Anda tentu sudah familiar dengan kolam air terjun dari bahan seperti tanah liat atau semen. Namun anda juga bisa membuatnya sendiri dari bahan styrofoam. Bahan dasarnya mirip dengan adonan pembuat patung dari styrofoam mudah yang diencerkan dengan menggunakan bensin. Setelah luruh, anda bisa mencampur dengan semen atau tanah liat. Selanjutnya anda tinggal membentuk adonan tersebut menjadi kolam kecil sesuai keinginan anda.

Baca Juga Ulasan Patung Bahan Styrofoam Lainnya

Jangan sampai anda melewatkan untuk membuat instalasi saluran air dari pipa dan filter penyedot air. Buat kolam dalam 2 tingkat, dimana bagian atas adalah kolam penampung air terjun. Setelah model kolam anda selesai, keringkan di bawah sinar matahari selama 3-5 hari lalu anda bisa melapisi dengan cat kolam. Jemur lagi selama 3-7 hari agar zat-zat beracun menguap, baru anda bisa mengisinya dengan air dan ikan. Agar lebih menarik, anda juga bisa menambahkan lampu hias atau lampu sorot.  

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *