Macam-Macam Dekorasi Panggung dan Cara Menyulapnya agar Menakjubkan

Dekorasi panggung—Panggung adalah tempat pertunjukan yang menjadi bagian penting untuk disiapkan pada saat acara-acara tertentu. Ya, di panggung susunan acara akan berlangsung dimana para petugas yang bertugas dalam acara itu akan tampil satu persatu.

Pandangan penonton akan tertuju pada dekorasi panggung yang menarik, dan mengesankan. Agar acara semakin mengesankan, salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan adalah dekorasi panggung yang membuat penonton akhirnya merasa nyaman saat memandang panggung tersebut, dan petugas pengisi acara pun merasa lebih percaya diri saat berada di panggung dengan dekorasi yang lebih menarik. Ada beberapa macam dekorasi panggung seperti tersebut di bawah ini.

Dekorasi panggung Sederhana

Dekorasi Panggung Sederhana

Yang pertama adalah dekorasi panggung sederhana. Panggung sederhana adalah panggung yang cukup mudah disiapkan dengan kesan pertama yang ditimbulkan adalah kesan simple. Bagi Anda yang ingin membuat desain panggung sederhana, caranya cukup  sederhana pula. Beberapa langkah membuat desain panggung sederhana adalah:

Pertama, tentukan lokasi panggung terlebih dahulu. Dimana panggung tersebut akan didirikan dan seberapa luasnya. Jika halamannya luas maka Anda bisa mendirikan panggung sederhana dengan ukuran besar. Dan sebaliknya, jika ukurannya kecil, maka Anda bisa membuat panggung dengan ukuran yang menyesuaikan.

Kedua, setelah ukuran, putuskan apakah Anda ingin membuat desain panggung yang lesehan, atau bentuk “panggung”. Desain lesehan tampaknya lebih praktis dan cocok dengan konsep sederhana yang diusung. Bagian bawahnya di lapisi papan dengan ukuran setinggia 20 cm, lalu di lapisi karpet untuk menutupi permukannya. Desain lesehan ini cukup praktis karena Anda tidak perlu membuat tangga buatan untuk naik ke panggung (desain panggung yang tinggi).

Ketiga, Letakkan banner acara di bagian belakang panggung agar penonton paham akan apa sih sebenarnya acara yang diadakan. Setelah itu, letakkan di bagian kanan dan kirinya hiasan pendukung yang simpel. Agar lebih hidup dan tampak segar, letakkan taman mini di bagian depan panggung dengan susunan melingkar setengah lingkaran. Panggung sederhana ini bisa Anda buat dalam hitungan jam saja.

Dekorasi Panggung Natal

Dekorasi panggung Natal tentu sangat berbeda dengan dekorasi panggung pada umumnya. Kenapa demikian? karena dekorasi panggung Natal memiliki atau mengusung tema tertentu yang menjadi ciri khas pada hari Natal itu. Sebut saja adanya pohon Natal, lampu kerlap-kerlip, Santa Claus, dan masih banyak lagi ornamen yang ditambahkan. Secara lebih rinci, mempersiapkan panggung Natal tentu perlu mengetahui tahapan berikut:

Pertama, buatlah konsep yang matang yang sesuai dengan luas lokasi yang akan ditempati oleh panggung tersebut. Putuskan terlebih dahulu apakah Anda ingin membuat panggung dengan nuansa yang dominan simple atau lebih kepada panggung dengan nuansa yang lebih kompleks. Jika sudah diputuskan kesan yang ingin ditampilkan, barulah Anda masuk ke tahapan berikutnya.

Kedua, mempercantik panggung dengan dekorasi yang identik dengan perayaan Natal. Beberapa diantaranya adalah seperti yang disebutkan di atas, yaitu adanya Pohon Natal, adanya lampu kerlap kerlip warna warni, adanya Santa Claus. Anda bisa memilih ornament Natal yang sesuai dari segi warnanya, ukuran dan juga bentuknya. Banner perayaan Natal di bagian belakang bisa Anda hadirkan ataupun tidak sesuai selera masing-masing. Ini dikarenakan saat Anda melihat panggung Natal, otomatis Anda akan merasakan aura Natal yang muncul melalui berbagai ornament pendukung yang ada. Selain itu, sesuaikan desain panggung dengan siapa yang akan hadir dalam acara peringatan itu, apakah anak-anak, orang tua, teman kantor, atau teman sekolah.

Dekorasi Panggung Pensi

Selanjutnya adalah jenis panggung pensi atau pentas seni. Biasanya jenis panggung ini digunakan oleh para siswa baik itu dari tingkat SD, SMP, SMA dan juga mahasiswa. Fungsinya tidak lain adalah untuk menunjukkan bakat seni masing-masing. Saat membuat atau mendekorasi panggung pensi, beberapa pertimbangan berikut perlu Anda miliki, diantaranya adalah:

Pertama, pertimbangkan lokasi sebagaimana yang Anda lakukan saat akan membuat panggung sederhana maupun panggung Natal. Luas sempitnya lokasi yang Anda pilih tentu berhubungan dengan seberapa banyak penonton yang hadir untuk acara tersebut. Ukuran luas panggung ini juga berpengaruh terhadap bagaimana nanti dekorasi yang sebaiknya di pilih. Untuk panggung yang luas, baik itu jenis dekorasi yang simple maupun kompleks bisa di buat. Namun untuk jenis panggung yang sempit, dekorasi panggung yang simple lebih direkomendasikan dibandingkan dengan dekorasi yang ramai.

Kedua, setelah memutuskan kesan yang ingin ditimbulkan dari dekorasi panggung tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan mendesain dekorasinya. Anda bisa membuat panggung yang tinggi atau panggung lesehan untuk pensi sesuai kebutuhan. 

Ketiga, dekorasi panggung yang perlu disiapkan diantaranya meliputi banner peringatan pentas seni untuk institusi masing-masing, dikombinasikan dengan pemilihan warna yang sesuai untuk setiap elemen panggungnya. Adanya sentuhan dekorasi yang lain seperti pita, lampu, bunga, dan juga taman di bagian depannya dengan ukuran yang kecil akan mempermanis tampilan. Disarankan untuk pensi jenis pentas yang digunakan adalah pentas  model panggung agar semua penonton yang menyaksikan setiap tampilan pensi bisa menyaksikan setiap tampilan dengan sempurna.

Dekorasi Panggung Agustusan

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal yang dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? pada tanggal tersebut, masyarakat Indonesia mendapatkan kebebasannya dari bangsa asing. Di jajah tentu saja tidak enak. Saat kebebasan itu di dapat maka salah satu cara memperingatinya adalah dengan memperingati Agustusan. Ya, Agustusan adalah momen yang selalu meriah yang dirayakan oleh masyarakat Indonesia secara kompak di seluruh nusantara. Adapun dekorasi panggung Agustusan yang direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, lokasi yang tersedia dan dana yang disiapkan.

Bagi Anda yang merayakan agustusan di desa tentu berbeda dengan yang merayakannya di kota. Di desa, jenis panggung yang di desain tergantung kebutuhan dan apa yang akan di pentaskan. Sedangkan di kota biasanya jenis panggung yang digunakan lebih besar karena memang menyesuaikan dengan jenis acaranya dan juga dengan prediksi banyaknya penonton yang akan hadir.

Satu lagi yang perlu diperhatikan saat membuat panggung agustusan adalah sentuhan dekorasinya yang menarik yang identik dengan momen agustus seperti bendera merah putih, dan juga lampu kerlap kerlip. Pilih desain panggung yang sesuai apakah Anda akan membuat desain panggung yang simpel atau ingin desain panggung yang kompleks. Banner mempermudah mendefinisikan apakah fungsi dari panggung yang Anda buat itu.

Dekorasi panggung bermacam-macam. Dekorasi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, apakah akan digunakan untuk momen agustusan, momen pensi, atau memperingati Natal. Masing-masing dari peringatan tersebut tentu memiliki ciri masing-masing yang sebaiknya Anda perhatikan agar panggung semakin match dengan acara yang Anda gelar. Perhatikan lokasi, perhatikan kesan yang ingin  dimunculkan dan seberapa besar biaya yang dialokasikan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *