Jasa Pembuatan Huruf & Angka dari Styrofoam untuk Dekorasi

Huruf styrofoam adalah satu dari sekian elemen dekorasi yang kerap dipesan karena harganya yang terjangkau. Hal tersebut tak terlepas dari fakta bahwa styrofoam mudah dijumpai dan memiliki karakter yang fleksibel, sehingga memudahkan produsen untuk membuatnya.

Seperti hiasan yang terbikin dari kayu atau stainless steel, huruf styrofoam murah yang dirancang sebagai hiasan dapat Anda gunakan dalam berbagai kesempatan, antara lain:

  • Ornamen rumah (di ruang tamu, kamar, atau dapur);
  • Hiasan resepsi pernikahan;
  • Properti pemotretan;
  • Dekorasi mal hingga showroom;
  • Pernak-pernik hari raya keagamaan;
  • Pesta ulang tahun.

Desain huruf-huruf yang terbikin dari styrofoam pun sangat beragam. Dari yang konsepnya minimalis, berukir, hingga menggunakan teknologi tiga dimensi. Anda pun dapat membelinya secara offline maupun online berbagai jenis huruf styrofoam yang diperlukan sesuai kebutuhan.

Huruf Styrofoam

Namun, sebelum mengenal keunggulan styrofoam, mari kenali dulu sejarah material ini!

Sejarah singkat styrofoam

Sebelum dikenal sebagai bahan baku pembuatan macam-macam produk, styrofoam merupakan merek dagang Dow Chemical. Material tersebut berupa plastik berbusa yang terbuat dari polistirena.

Lantas, polistirena sendiri membutuhkan minyak mentah sebagai bahan baku. Styrofoam yang kali pertama Dow Chemical kenalkan pada 1941 dibentuk dengan meniup klorofluorokarbon berbahaya (CFC) untuk kemudian dijadikan sebagai gumpalan bahan resin dari stirena.

Stirena yang nantinya digunakan pada huruf styrofoam mempunyai komposisi yang terdiri atas cairan berminyak tanpa warna dan mudah menguap. Sesampainya di Indonesia, styrofoam atau sterofoam atau busa gabus ramai digunakan untuk produk sehari-hari seperti gelas kopi sekali pakai, bahan bantalan kemasan, hingga pendingin.

Huruf Styrofoam

Akan tetapi, sebagian besar negara di dunia menghilangkan CFC secara bertahap sejak akhir 1980. Hal tersebut didasarkan pada kecemasan akan dampak negatif gas-gas yang berisiko memperbesar lapisan ozon. Seperti yang Anda tahu, lapisan ozon adalah salah satu proteksi yang melindungi Bumi dari radiasi sinar ultraviolet.

Dalam proses produksi bahan huruf styrofoam, pemanasan dalam waktu tertentu akan membuat gas dalam gelembung polistirena mengembang dan membentuk busa yang kemudian dinamakan styrofoam.

Ketika resin mendingin, gelembung-gelembung kecil gas pun akan terperangkap di dalam yang nantinya membentuk struktur plastik seluler. Sekitar 98% produk busa polistirena terdiri atas udara yang membuat bobot styrofoam sangat ringan dan mempunyai sifat isolasi memadai.

Huruf Styrofoam

Apa saja kelebihan styrofoam untuk pembuatan huruf?

Sebagian besar huruf styrofoam warna yang beredar terbikin dari material berkualitas. Ada pun sejumlah keunggulan yang dimiliki bahan tersebut dibandingkan yang lain, di antaranya:

  1. Tak akan merusak material lain

Seperti yang telah disebutkan, sebagian besar bahan penyusun dalam styrofoam merupakan udara. Faktor inilah yang membuat bahan tersebut aman digunakan bersama material lain seperti lem, karton, kertas lipat, maupun pernak-pernik untuk membuat dekorasi berbentuk huruf.

Sifat kokoh dengan insulasi panas yang baik pula yang membuat styrofoam masih digemari sebagai wadah makanan instan. Hanya saja, berbeda dari huruf styrofoam, material yang digunakan untuk tempat makanan dan minuman harus aman agar tidak membahayakan konsumen.

2. Dibanderol dengan harga ekonomis

Semurah apa styrofoam kalau dibandingkan dengan bahan-bahan produksi lain? Harga yang dipatok untuk material ini berbeda, tergantung ukuran dan bentuk. Anda bisa memilih styrofoam lembaran, kotak, hingga yang sudah jadi dibentuk. Range harga bervariasi dari Rp300 hingga Rp25.000.

Dengan harga semurah ini, maka bujet yang akan Anda keluarkan untuk memesan huruf styrofoam ulang tahun atau acara lain tidak akan tinggi. Perubahan harga biasanya dipengaruhi komponen lainnya seperti hiasan atau pengemasan yang digunakan.

huruf styrofoam murah
huruf styrofoam murah

3.Proses daur ulang hemat energi.

Styrofoam, seperti plastik, termasuk produk yang membutuhkan waktu lama terurai. Karenanya, material ini dianggap kurang ramah lingkungan. Namun, bukan berarti styrofoam tak bisa Anda daur ulang. Malah bahan baku huruf styrofoam termasuk yang hemat energi saat diolah kembali.

Komposisi styrofoam 50% lebih hemat energi dibandingkan kertas berlapis plastik dan 30% lebih hemat daripada pembungkus makanan berbahan dasar pati jagung. Proses daur ulangnya pun hanya butuh air empat kali lebih sedikit daripada PLA dan lima kali lebih ringan dari kemasan kertas.

4.Tidak akan mengganggu kesehatan

Kemudian, huruf styrofoam juga tak akan mempengaruhi kesehatan Anda.  Kepala laboratorium Teknologi Polimer dan Membran ITB Ir. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc., Ph.D,  menjelaskan bahwa busa polistirena memiliki kandungan udara sebanyak 90% hingga 95%, sedangkan sisanya adalah polistirena.

 jenis huruf styrofoam
jenis huruf styrofoam

Ir. Akhmad melanjutkan bila residu stirena yang terpapar ke makanan atau minuman masih dalam batas aman, yakni 10 hingga 45 ppm. Sementara batas standar aman yang ditentukan WHO dan BPOM ada di tingkat 5.500 ppm. Cukup jauh, bukan?

5. Punya pengaruh berkelanjutan untuk lingkungan

Dalam proses daur ulang, material huruf styrofoam malah mempunyai pengaruh berkelanjutan untuk lingkungan sekitar. Sejumlah produsen memilih ulang (recovery) styrofoam untuk dijadikan sebagai item baru dengan daya beli tinggi.

Dalam kesempatan lainnya, styrofoam bisa didaur ulang menjadi produk-produk baru. Dari kemasan untuk perangkat elektronik, beton ringan, hingga absorber sulfur. Jadi jangan cemaskan kualitas material dalam cara membuat huruf styrofoam.

6.Jenis sampah yang paling ekonomis

Masih berdasarkan Ir. Akhmad, styrofoam yang telah menjadi sampah adalah jenis yang paling dicari pemulung karena nilainya yang ekonomis. Pernyataan tersebut diutarakan setelah dia dan tim melakukan survei seputar sampah yang tersebar di belasan sungai besar Pulau Jawa.

Sementara di Amerika, Jerman, Kanada, dan Inggris, penggunaan polistirena untuk huruf styrofoam justru dilegalkan. Inggris menyediakan setidaknya 25 lokasi sarana daur ulang styrofoam, lalu di Jerman sekitar 98% kemasan styrofoam dikembalikan ke tempat penampungan sampah untuk diolah kembali.

bahan huruf styrofoam

7.Pembuatan dan perbaikan yang mudah

Ketika membuat hiasan dari kayu, produsen lumayan kerepotan karena harus menggunakan alat yang cukup banyak. Proses pembentukan sebongkah kayu menjadi huruf pun kadang makan waktu lama dan mempengaruhi harga. Namun, hal ini tak akan dialami dalam pembuatan huruf menggunakan styrofoam.

Mengapa? Pasalnya dalam mengolah huruf styrofoam berkualitas, produsen biasanya memakai alat sehari-hari yang mudah dijumpai. Sebut sata cutter, gunting, penggaris, dan lem. Untuk memperbaiki cacat pada huruf pun lebih mudah apabila kerusakannya tergolong ringan.

 huruf styrofoam
huruf styrofoam warna

Bagaimana, masih ragu menggunakan styrofoam sebagai material utama pembuatan hiasan huruf? Jika Anda bimbang mengurus sendiri, sekarang sudah ada banyak toko huruf styrofoam yang menyediakan layanan custom. Desain, warna, hingga dapat Anda tentukan sendiri. Pengiriman pun dipermudah lewat kurir yang tersedia di berbagai kota hingga pelosok daerah di Indonesia.

Jangan ragu juga untuk menanyakan kualitas styrofoam yang mereka gunakan, apakah yang terbaru atau dari tempat daur ulang? Dengan begitu, huruf styrofoam yang Anda terima sesuai dengan pesanan dan tak mengecewakan.

Untuk pemesanan hurup atau angka dari bahan styrofoam dengan berbagai jenis font dan ukuran segera hubungi kami 081511305519 atau Chat WhatsApp 085883373104

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *