Mau Buat Patung 3D dari Styrofoam? Ini Alat dan Bahannya!

Patung styrofoam tentu menjadi dekorasi yang jamak anda temukan di berbagai pusat perbelanjaan, terlebih pada momen-momen khusus seperti hari raya Idul Fitri,Natal, dan Tahun Baru. Selain itu, patung styrofoam juga banyak ditemukan di area-area permainan anak dengan berbagai macam bentuk karakter yang menarik anak. Nah, bila anda berencana mengadakan acara atau hendak mendekor rumah anda dengan patung-patung styrofoam, anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bahan yang murah ini.

Pembuatan Patung Styrofoam

Membuat patung styrofoam membutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam mengukir material styrofoam yang lunak. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan patung dari styrofoam adalah busa styrofoam dengan ukuran sesuai dengan hasil yang diinginkan, pisau potong berbagai jenis, lem kuning atau lem multifungsi,  kardus atau kertas untuk membuat dummy, serta pewarna seperti cat tembok, cat minyak, atau cat semprot. Setelah seluruh bahan dan alat disiapkan, anda bisa mulai untuk membuat patung styrofoam yang anda inginkan :

Mau Buat Patung 3D dari Styrofoam Ini Alat dan Bahannya!
  • Pembuatan Sketsa atau desain

Sebelum berurusan dengan media styrofoam yang akan anda potong, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat gambaran atau sketsa dari objek patung yang ingin anda bentuk. Pembuatan desain ini dapat dilakukan secara manual dengan gambar tangan maupun memanfaatkan aplikasi 3D untuk menemukan potongan-potongan antar bagian dari objek tersebut. Semakin detail sketsa yang anda buat, maka akan memudahkan anda untuk mengukur  potongan styrofoam yang akan anda lakukan nanti.

Untuk desain-desain bentuk patung yang rumit, anda tentu membutuhkan pembagian yang jelas baik dari segi ukuran, ketebalan, hingga detail guratan. Oleh karena itu, lebih disarankan memanfaatkan aplikasi atau software 3D agar anda bisa menemukan potongan-potongan antara bagian yang tepat dan efektif. Selain itu, hal ini juga akan mengurangi resiko kesalahan pengukuran.

  • Pembuatan Dummy

Setelah anda menemukan potongan-potongan bentuk dari model patung yang ingin anda buat, jangan langsung anda aplikasikan pada media styrofoam. Untuk mengurangi kemungkinan gagal atau kesalahan potong ada baiknya anda membuat model buatnya dahulu, terutama untuk ukuran bentuknya terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan kardus bekas atau koran sebagai dummy atau model dasar potongan yang ingin anda bentuk di styrofoam. Anda bisa menggambar potongan sketsa pada koran atau kardus terlebih dahulu, lalu potong. Lakukan hal tersebut hingga seluruh potongan sketsa selesai anda buat. 

Selanjutnya, cobalah menempelkan terlebih dahulu potongan kardus atau koran tersebut dengan menggunakan selotip. Dengan menghubungkan setiap bagian dari dummy tersebut, anda bisa memeriksa kembali apakah ada kesalahan atau tidak dalam pengukuran anda. Jika anda, segera perbaiki sehingga menemukan pola potongan yang tepat. 

  • Pemotongan dan Penyambungan

Setelah pola dummy yang anda buat sudah tepat, anda bisa mengaplikasikan pola tersebut pada lebaran styrofoam yang anda siapkan. Gambar pola pada styrofoam dengan spidol hitam agar tampak jelas. Usahakan untuk memanfaatkan segala sisi styrofoam agar tidak banyak bahan yang tersisa.

Setelah semua pola tergambar, potong styrofoam dengan menggunakan pisau yang tajam. Ada bermacam jenis pisau kerajinan yang bisa anda gunakan. Perhatikan pula potongan pada sudut, terutama untuk sambungan yang melengkung. Setelah semua bagian terpotong, sambungkan setiap bagian dengan menggunakan lem multifungsi ataupun dengan lem tembak. Pastikan seluruh sambungan merekat dengan tepat dan kuat. 

  • Finishing dan Pewarnaan 

Dalam membuat patung styrofoam, salah satu kunci keberhasilan adalah ketelitian dan kemiripan. Untuk membuat patung styrofoam yang tidak tampak kaku dan aneh, maka beberapa sudut harus dibuat melengkung. Anda bisa memanfaatkan mesin gerinda elektrik untuk menghaluskan dan membentuk lengkungan pada sudut-sudutnya. Hal ini sangat penting agar garis-garis kaku tidak mengganggu hasil akhir patung styrofoam anda. 

Mau Buat Patung 3D dari Styrofoam Ini Alat dan Bahannya!

Manfaatkan pisau kerajinan berbagai jenis untuk membuat detail dari patung anda adalah keharusan.Berbagai ornamen dari patung anda tentu harus anda potong dengan tepat dan akurat agar hasil akhirnya tidak mengecewakan anda. Pisau biasa tentu akan membuat potongan yang akurat. 

Baca Juga: Patung Styrofoam Untuk Kebutuhan Dekorasi Acara

Langkah terakhir adalah pewarnaan. Lebih disarankan bila anda menggunakan cat berbahan pengencer air. Cat berbahan pengencer seperti bensin atau tiner dapat membuat styrofoam rusak atau meleleh sehingga bisa merusak detail yang anda buat. Mula-mula, usahakan untuk menghaluskan permukaan styrofoam dengan amplas halus agar pori-porinya tertutup. Dasari dahulu dengan warna putih pada seluruh bagian. Selanjutnya, setelah dasar cat sudah kering anda bisa melanjutkan dengan pewarnaan lainnya. 

1 komentar untuk “Mau Buat Patung 3D dari Styrofoam? Ini Alat dan Bahannya!”

  1. Ping-kembali: Jasa Pembuatan Patung Styrofoam Murah | Properti Styrofoam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *